Sabtu, 24 Desember 2016

Apa itu JIT dan Lean, hubungan JIT dengan Lean

APA ITU JUST IN TIME ?
Just In Time (JIT) merupakan integrasi dari serangkaian aktivitas desain untuk mencapai produksi volume tinggi dengan menggunakan minimum persediaan untuk bahan baku. Konsep dasar dari sistem produksi JIT adalah memproduksi produk yang diperlukan, pada waktu dibutuhkan oleh pelanggan, dalam jumlah sesuai kebutuhan pelanggan, pada setiap tahap proses dalam sistem produksi dengan cara yang paling ekonomis atau paling efisien melalui eliminasi pemborosan (waste elimination) dan perbaikan terus – menerus (contionous process improvement).



APA ITU LEAN MANUFACTURING ?
Lean manufacturing atau lean production atau dikenal sebagai lean, merupakan metode optimal untuk memproduksi barang melalui peniadaan waste (pemborosan) dan penerapan flow (aliran), sebagai ganti batch dan antrian. Lena manufacturing adalah filosofi manajemen proses yang berasal dari Toyota Production System (TPS), yang terkenal karena menitikberatkan pada peniadaan seven waste dengan tujuan peningkatan kepuasan konsumen seccara keseluruhan.
Karakteristik dari lean meliputi struktur lantai produksi yang aktif melakukan pemecahan masalah dengan penerapan kaizen dan continuous improvement, serta pelaksanaan lean manufacturing melalui tingkat inventory yang rendah, manajemen kualitas yang mengutamakan tindakan preventif (pencegahan) dibandingkan tindakan corretive (perbaikan), penggunaan pekerja yang sedikit, ukuran lot yang kecil serta penerapan konsep Just in Time (JIT).
Lean manufacturing adalah strategi pencapaian yang signifikan, perbaikan yang berkesinambungan melalui eliminasi seluruh pemborosan waktu dan sumberdaya pada seluruh proses. Adapun yang dimaksud dengan pemborosan di sini meliputi 7 hal, yaitu:
1. Transportasi
2. Inventarisasi
3. Pergerakan (proses)
4. Waktu tunggu
5. Produksi yang berlebihan
6. Proses yang berlebihan
7. Kerusakan produk
Kunci sukses Lean Manufacturing
1. Mengurangi pengaturan biaya dan waktu
2. Small lot production
3. Keterlibatan karyawan dan pemberdayaan
4. Fokus kualitas pada sumbernya
5. Pull production atau just in time
6. Perawatan equipment yang berkesinambungan
7. Tenaga kerja yang multi-skill
8. Keterlibatan supplier
Elemen utama dari lean production adalah:
1. Produksi just in time (JIT), adalah suatu metode produksi yang membawa semua bahan baku dan suku cadang yang dibutuhkan dalam setiap produksi tepat pada saat dibutuhkan. Tujuan dari JIT adalah persediaan yang nol dengan kualitas 100%.
2. Pengawasan kualitas yang ketat, dimana penghematan biaya maksimum dari JIT akan tercapai jika pembeli menerima barang yang sempurna dari pemasok. Dengan demikian pemasok harus menerapkan prosedur pengawasan yang sangat ketat sebelum barang tersebut diserahkan kepada pabrikan.
3. Penyerahan beulang kali dan dapat diandalkan, dimana pengiriman ini sebaiknya dilakukan setaip hari untuk menghindari penumpukan persediaan. Bilamana terjadi keterlambatan akan pengiriman atau tidak memenuhi pemasokan maka pemasok dikenakan denda atau pemutusan kontrak kerja.
4. Lokasi yang lebih dekat, dengan adanya lokasi yang berdekatan dengan pelanggan utama, maka penyerahan dapat diandalkan sehingga akan timbul komitmen yang besar dengan pelanggan utama.
5. Telekomunikasi, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka pemasok dapat membangun sistem penyerahan yang lebih baik lagi.
6. Jadwal produksi yang stabil, dimana pelanggan menyerahkan jadwal produksinya pada pemasok sehingga pemasok dapat menyerahkan barang sesuai dengan jadwal produksi pelanggan.
7. Sumber tunggal dan keterlibatan awal pemasok, dimana dengan adanya JIT ini baik pemasok maupun pelanggan sudah terlibat dalam penyusunan kontrak kerja dan syarat-syarat lainnya.
Sehingga dengan kata lain tidak ada perbedaan yang signifikan antara JIT dengan lean manufacturing. Hal demikian dikarenakan just in time merupakan elemen utama dari lean manufacturing. Dan lean manufacturing melakukan penerapan konsep just in time. 


HUBUNGAN JIT DENGAN LEAN
Just in Time dan Lean Manufacturing adalah juga untuk meningkatkan laba dan posisi persaingan perusahaan yang dicapai melalui usaha pengendalian biaya, peningkatan kualitas, mengurangi pemborosan, serta menekan biaya operasional,dan akan sangat menghemat bahkan meniadakan biaya persediaan barang.
Sehingga didalam penjelasan diatas tidaklah menjadi etis atau keharusan pada perusahaan untuk menerapkan konsep Just In Time dan lean manufacturing pada setiap perusahaan,karena jika dilihat dari implikasinya dan penerapan penggunaanya pada lingkungan nyata, kedua konsep tersebut masih rancu atau masih belum bisa di implementasikan secara penuh oleh semua perusahaan.


1 komentar:

  1. How to Play Baccarat - Online Betting Guide 2021
    How to Play Baccarat Online If you are playing online baccarat from India, you will not only find it, 바카라 but 바카라 also other markets like poker, 메리트카지노총판 blackjack,

    BalasHapus